Selasa, 28 Februari 2017

Cara Merawat Tumbuh Kembang Bayi



Cara Merawat Tumbuh Kembang Bayi - Sebenarnya perkembangan bayi bakal sungguh dipengaruhi rangsangan atau stimulasi yg anda berikan. Stimulasi itu bisa berupa aktivitas yg dilakukan bersama kita & itu bisa berbeda buat setiap bulannya. Berikut ini aktivitas-aktivitas yg bisa kita lakukan bersama bayi kita dalam rangka mendukung perkembangannya. di umur 6 bulan anak semestinya telah dapat melakukan hal-hal berikut:


1. Berguling.

Gerakan mainan diatas kepala sejajar dengan matanya & tempatkan diluar jangkauannya. Anak bakal mengikuti mainan & mencoba buat meraih & berguling buat memperolehnya.

Aktivitas rangsangan yg bisa kita lakukan bersama bayi.

Baringkan anak terlentang & pegang mainan di depan muka anak sehingga dia bisa melihatnya. Letakan mainan tadi disamping di luar jangkauan anak. Rangsanglah anak berguling buat meraih mainan. Lakukan buat berguling menuju kiri & menuju kanan.

Bila anak mengalami kesulitan . bengkokan satu lutut menuju atas depan dada & perlahan-lahan tarik kaki & pahanya menuju samping sehingga tubuh anak mengikutinya. Lakukan di sesi yg lain.

2. Menyangga tubuh di lengan , menjangkau mainan.

Tempatkan mainan di depan anak dalam jangkauannya. Anak bakal mengangkat lengannya. Bila tak, naikkan anak dengan mendukung bahunya sehingga mengistirahatkan lengannya. Anak bakal bisa menangkap mainan & bermain dengan mainannya. Anak kerap memasukan mainannya menuju mulut, jadi periksalah mainan dari segi keamanan buat anak seusianya.

Aktivitas rangsangan yg bisa kita lakukan bersama bayi.

Pada saat anak tengkurap, gerakan sebuah mainan berisik di depannya. Biarkan anak menyentuh mainan ini. Lalu gerakan mainan menjauh, mintalah anak buat datang & mengambil mainan itu.

3. Bermain di posisi duduk dengan bantuan.

Bantulah anak menuju pangkuan. Pegang mainan atau giring-giring dimana anak bisa menjangkaunya, anak bakal menjangkaunya & bermain dengan mainan ini.

Aktivitas rangsangan yg bisa kita lakukan bersama bayi.

Duduklah dengan kaki selonjor, tempatkan anak di posisi duduk, diantara kaki Anda. Topanglah anak di depan/bersandar di tubuh Anda. Tempatkan mainan langsung di depan anak. Buatlah supaya anak bermain, di akhirnya kurangi bantuan kita sehingga dia bisa duduk tanpa bantuan antara kaki kita kemudian bermain tanpa bantuan & sandaran.

Cara lain buat membantu anak duduk. kita bisa memakai bantal atau sebuah kotak buat menopang anak.

4. Senang diayun-ayunkan menuju atas.

Pegang anak di bawah lengan & mengayunkan keatas da kebawah perlahan-lahan. Anak bakal senang & tersenyum-tertawa.

Aktivitas rangsangan yg bisa kita lakukan bersama bayi.

Tataplah mata anak atau angkat anak di depan Anda, atau menggerakan lengannya menuju wajah Anda. Bawalah tangan anak & sentuhlah menuju wajah & mulut kita agar anak dapat melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar